AKHIR-akhir ini ada indikasi semakin banyak pengguna internet dial-up yang melakukan koneksi ke jaringan dan situs tertentu tanpa mereka sadari (atau bahkan sadar) bahwa mereka mengakses telepon internasional sehingga menyebabkan timbulnya tagihan telepon internasional pada telepon yang bersangkutan. Hal ini dimungkinkan karena pelanggan tersebut mengunjungi suatu situs yang mana sebetulnya situs tersebut milik suatu ISP di luar negeri.
Pada tahap awal memang pengguna internet melakukan dial-up dengan menggunakan PSTN ke ISP local (Telkom-net, Wasantara -net, Centrin, D-net, Indosat-net dll), dan pada tahap selanjutnya pengguna internet tersebut melakukan browsing ke suatu situs tertentu (biasanya situs XXX) yang secara otomatis dapat merubah setting dial-up local mejadi diel-up internasional ke ISP luar negeri.
Masalah timbul yakni pada saat pelanggan menerima billing tagihan telepon internasional (dalam hal ini Indosat SLI 001) dimana tercantum tagihan atas nomor telepon tertentu di luar negeri dan mereka mengajukan keberatan untuk membayar karena tidak merasa melakukan percakapan telepon internasioal.
Oleh karena itu Indosat sebagai penyelenggara SLI merasa sangat perlu untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum terutama para pengguna internet bahwa pada situasi di atas, Indosat tidak mempunyai hubungan kerja sama apapun dengan penyelenggara ISP di luar negeri tersebut. Oleh karena itu tindakan pembatasan ke situs-situs internet tertentu, hanya bisa dilakukan oleh pengguna internet itu sendiri.
Umumnya pemilik situs tersebut sudah memberikan peringatan atas resiko yang akan muncul kepada calon pengunjung situsnya. Artinya jika pengunjung sudah masuk ke situs luar negeri tersebut, biasanya susah dianggap menyanggupi persyaratan yang diberikan oleh pemilik situs (termasuk adanya telepon internasional).
Imbauan ini perlu disampaikan kepada seluruh masyarakat karena resiko timbulnya segala bisaya dalam mengunjungi situs-situs tersebut merupakan tanggung jawab pengguna internet sendiri (pelanggan) dan bukan tanggung jawab penyelenggara telekomunikasi ataupun penyelenggara jasa Internet. Dan untuk layanan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service PT Indosat Area Kalimantan di Balikpapan 0542-441001 atau di Pontianak 0561-747750 cs-pontianak @ indosat.com.
Representative Officer PT Indosat LO Pontianak.













